Senin, 04 Januari 2016

Biografi - Christopher Latham Sholes

Hai, kembali lagi nih, setelah sekian lama vakum akhirnya bisa mengisi blog ini lagi. Oh iya, selamat tahun baru ya. Banyak harapan bagi penulis di tahun 2016 ini. Harapan tentang diri penulis sendiri, keluarga, teman-teman, cinta, negara, dan juga tentang kehidupan ini.

Pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan sebuah biografi dari seseorang yang telah menemukan papan ketik yang sudah sering kita gunakan saat ini. Yap, itulah keyboard. Keyboard diciptakan oleh Christopher Latham Sholes pada tahun 1867 dengan penyesuaian dari kartu pelubang (punch card) dan menggunakan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh.


Christopher Latham Sholes lahir pada 14 februari 1819 dan meninggal pada 17 februari 1890. Christopher Latham Sholes ini adalah penemu mesin ketik sekaligus juga penemu keyboard QWERTY pertama di dunia. Christopher Latham Sholes lahir di daerah Mooresburg, Pennsyvania, Amerika Serikat. Nah pada tahun 1867, Christopher Latham Sholes ini berhasil menciptakan sebuah mesin ketik dan berhasil juga mengembangkannya menjadi mesin ketik atau keyboard QWERTY pada tahun 1873. 


Sebenarnya pada saat Christopher Latham Sholes menciptakan mesin ketik ini, susunan hurufnya berurut berdasarkan huruf latin. Karena pada waktu itu Christopher Latham Sholes menemui masalah dimana saat tombol sering kali ditekan, batang-batang huruf atau bisa juga disebut dengan istilah slug yang menghentak pita tersebut mengalami kegagalan mekanik, yang lebih sering diakibatkan batang-batang itu saling mengait atau bisa juga disebut dengan istilah jamming.


Rekan bisnisnya, James Densmore memberi saran kepada Christopher Latham Sholes bahwa Christopher Latham Sholes harus mencari kombinasi huruf lain agar masalah ini dapat terselesaikan. Namun Christopher Latham Sholes merasa bingung untuk memikirkan solusinya, Christopher Latham Sholes malah mengacak acak urutan keyboard tersebut sehingga timbulah kombinasi yang sangat sulit untuk kegiatan mengetik, hal tersebut di lakukan untuk agar tidak terjadi lagi kegagalan mekanik, akhirnya terurutlah susunan QWERTY. Susunan pada mesin ketik inilah yang diturunkan pada keyboard sebagai input komputer dan pada tahun 1973 diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar