Senin, 02 November 2015

MOUSE






Mouse adalah salah satu perangkat input yang berfungsi menggerakkan kursor yang berada pada tampilan layar komputer. Cara menggunakan mouse sangatlah mudah, pengguna hanya perlu menggerakan mouse untuk menggerakkan kursor dan memilih menu atau pilihan yang tertera pada layar komputer. Mouse memiliki 2 tombol utama yaitu tombol kiri dan kanan. Dan disertai roda penggulung (scroll while) yang setiap tombolnya memiliki fungsi yang berbeda. Umumnya tombol kiri untuk memilih menu, link, atau apapun yang tertera pada layar komputer dengan cara menekan sekali atau dua kali. Istilah untuk penekanan tombol kiri pada mouse ini disebut click dan double click.

 
Penemu mouse ialah Douglas Engelbart di Stanford Research Center pada tahun 1963, dengan dimotori oleh Xerox pada tahun 1970. Mouse menjadi loncatan jauh dalam perkembangan komputer karena dengan adanya mouse, pengguna menjadi lebih bebas memilih perintah apapun dengan mudah dan cepat pada sistem operasi berbasis GUI(Graphical User Interface). Dengan hanya mengarahkan kursor pada objek, dan selanjutnya menekan tombol pada mouse (click/double click) maka komputer langsung melakukan perintah yang sudah dipilih oleh pengguna.
Perkembangan mouse sejalan dengan perkembangan komputer. Ketika komputer baru muncul dengan memiliki kegunaan khusus, maka lahirlah mouse baru yang nantinya mengimbangi kegunaan khusus dari koputer tersebut, begitu seterusnya. Dan dibawah ini merupakan jenis-jenis mouse berdasarkan hal-hal tertentu.

Jenis-Jenis Mouse Berdasarkan Sensor:
1.       Mouse Mekanik
2.       Mouse Optomekanik
3.       Mouse Optik

Jenis-Jenis Mouse Berdasarkan Konektor:
1.       Mouse Serial
2.       Mouse PS/2
3.       Mouse USB
4.       Mouse Wireless

Tidak ada komentar:

Posting Komentar